Kamis, 19 Juni 2014

Penyuluhan TB Care Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya

      Dari masa ke masa penyakit semakin banyak macamnya, salah satu penyakit yang sangat ditakuti saat ini adalah tuberculosis, dimana tuberculosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis). Mengingat mudahnya penularan penyakit ini maka perlu kiranya masyarakat khususnya masyarakat Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontan Kabupaten Tasikmalaya untuk mendapatkan pengetahuan tentang penyakit menular ini, dari mulai cara penularan sampai dengan cara pengobatannya.

Pengetahuan tersebut diberikan kepada masyarakat melalui acara penyuluhan. Puskesmas Kecamatan Cigalontang mengadakan penyuluhan TB Care pada hari kamis tanggal 19 Juni 2014 dan KKN UPI Kampus Tasikmalaya 2014 ikut berpartisipasi didalamnya. Mengantisipasi peserta yang hadir hanya sedikit, penyuluhan dilaksanakan setelah pengajian di masjid Mujahidin Dusun Sindangsono Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontang dengan begitu peserta penyuluhan menjadi banyak.

“Sebagian besar kuman TB menyerang paru, tetapi dapat juga mengenai organ tubuh lainnya.” Merupakan penuturan dari pihak Puskesmas selaku pemateri. Dari penyuluhan ini masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara penularan penyakit Tuberculosis. Dimana penyakit ini dapat ditularkan melalui:
1. Pasien TB BTA Positif    
2. Pada saat batuk atau bersin pasien  menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk percikan dahak. Sekali batuk dapat mengeluarkan sekitar 3000 percikan dahak. Untuk itu perlu kiranya pada saat batuk mulut di tutup menggunakan kain sapu tangan ataupun menggunakan tangan.
3. Umumnya penularan terjadi dalam ruangan dimana percikan dahak berada dalam waktu yang lama. Kuman itu akan bertahan lama pada tempat yang lembab.

Menurut penuturan pemateri, sebenarnya Tuberculosis dapat disembuhkan asalkan minum obat secara teratur selama 6 bulan.
Penyuluhan ini sangatlah bermanfaat untuk masyarakat Dusun Sindangsono Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontang mengingat Desa ini adalah Desa yang paling tinggi angka pengidap penyakit tubercolosis.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More