Selasa, 24 Juni 2014

Nonton Bareng Film Pendidikan


Kebutuhan akan hiburan di masyarakat tidak dapat kita kesampingkan bergitu saja, begitu pun dengan masyarakat di dusun Sindangsono Desa Sukamnah Kecamatan Cigalontang. Salah satu hiburan yang dapat sedikitnya menghibur masyarakat dusun Sindangsono adalah dengan nonton bareng. Memang di setiap rumah di dusun Sindangsono memiliki televisi untuk menonton apapun yang mereka kehendaki, namun beda cerita jika nontonnya itu bersama – sama dalam satu tempat, selain akan terhibur acara ini pun dapat dijadikan ajang untuk mempererat tali siraturahmi antar masyarakat dusun Sindangsono. Hal ini ditempuh dengan mengundang semua aparat pemerintah seperti RT, RW, Kepala dusun, bahkan Kepala Desa beserta staffnya.
Hal itulah yang melatarbelakangi KKN UPI Kampus Tasikmalaya mencetuskan sebuah ide untuk melaksanakan acara nonton bareng film pendidikan. Sejalan dengan hal itu UPI Kampus Tasikmalaya setahun yang lalu telah memproduksi sebuah film pendidikan dengan judul “Sakola Rakjat.” Pesan – pesan yang terkandung dalam film tersebut sangat jelas dan mudah dipahami, apalagi percakapan yang ada didalamnya banyak menggunakan bahasa sunda. Hal ini lah yang menjadi pertimbangan KKN UPI Kampus Tasikmalaya 2014 mencetuskan ide untuk melaksanakan nonton bareng.
“Maka kenapa tidak kita nonton bareng film asli produksi UPI Tasikmalaya yang Sakola Rakjat itu, selain kontennya mendidik kita juga bisa sekalian promosi, ini loh film hasil kampus kita.”Ujar Ihsan Nugraha selaku Ketua kelompok KKN UPI Kampus Tasikmalaya 2014 dalam rapat koordinasi bersama kelompok.
Kemudian ditetapkanlah acara nonton bareng tersebut dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2014. Mengingat tema KKN tahun ini masih POSDAYA, maka kami berinisiatif untuk memberdayakan para pemuda yang ada di lingkungan Dusun Sindangsono Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontang untuk menjadi panitia dalam acara nonton bareng Sakola Rakjat. Segala sesuatu yang dibutuhkan baik itu logistik maupun publikasi untuk memperlancar acara tersebut. 
Acara ini berlangsung dari pukul 19.30 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Acara nonton bareng yang dipandu oleh sodari Ririn Riani Kartika bersama Heryanti Julia Anggraeni berjalan dengan lancar. Antusias masyarakat Dusun Sindangsono sangat terlihat dari banyaknya mereka yang datang untuk sama – sama mengikuti acara nonton bareng “Sakola Rakjat” tersebut.
“Film ini sangat menginspirasi dan memotivasi generasi masa kini untuk dapat melihat sejarah pendidikan di jaman dahulu, dan menjadikan mereka para generasi muda lebih menghargai segala fasilitas pendidikan yang kini telah ada.” Begitulah komentar dari Bapak Yana, M.Pd selaku Ketua DKM Mujahidin Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontang setelah menonton film “Sakola Rakjat.” Selasa (24/6/2014) 






0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More