Sabtu, 05 Juli 2014

Penyuluhan dan Pembuatan Hasta Karya untuk Melatih Keterampilan Ibu-ibu PKK di Desa Sukamanah

Wilayah Desa Sukamanah merupakan salah satu desa yang luas, berada di Kecamatan Cigalontang kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh tim KKN UPI Tasikmalaya bahwa Desa Sukamanah ini terdiri dari 3 dusun dan beberapa RW di setiap dusunnya. Masyarakat desa Sukamanah pada umumnya bekerja sebagai petani, peternak ayam dan bebek, serta ada beberapa warganya yang bekerja sebagai wirausaha. Sebagian ibu-ibunya pun ikut membantu bapak-bapaknya bekerja di sawah. Selebihnya, waktu luang yang ada mereka gunakan untuk mengobrol dan beristirahat dirumah sambil menunggu anaknya pulang sekolah. Hal tersebut sangat disayangkan, karena usia ibu-ibu tersebut masih sangat muda dan termasuk ke dalam usia produktif. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, dan tingkat pendidikannya pun sebagian besar masih sangat rendah. Ibu-ibu di desa Sukamanah ini kebanyakan usia muda dan tidak bekerja, sehingga mereka perlu dilatih untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan hasta karya. Hasta karya yang dilatihkan pada ibu-ibu tersebut berupa pelatihan menghias toples dari kain flanel. Dengan dimilikinya keterampilan tersebut maka waktu yang dimiliki menjadi bermanfaat, bahkan dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga.
Sasaran peserta pelatihan pembuatan hasta karya ini adalah ibu-ibu PKK usia muda dan ibu-ibu yang berminat dalam pelatihan menghias toples dengan kain flanel. Metode yang digunakan dalam pelatihan hasta karya ini adalah:
1.      Metode Ceramah, digunakan untuk menyampaikan materi yang berupa teori. Penyampain materi ini dilakukan oleh perwakilan dari tim KKN UPI yang memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai pembuatan hasta karya ini.
2.      Metode Tanya jawab, digunakan untuk memberikan kesempatan bagi peserta pelatihan yang belum jelas dalam pemahamannya.
3.      Metode Demonstrasi, memperagakan teknik menghias toples dengan kain flanel pada peserta pelatihan.
4.      Metode Latihan/Praktek, ibu-ibu PKK melakukan kegiatan praktek menghias toples dengan kain flanel secara berkelompok.
Hasil kegiatan dari penyuluhan dan pembuatan hasta karya ini dijabarkan ke dalam 3 aspek yaitu:
1.      Kehadiran peserta
Sasaran yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah ibu-ibu PKK lingkungan desa Sukamanah kecamatan Cigalontang kabupaten Tasikmlaya. Pada pelaksanaan kegiatan jumlah peserta yang hadir yaitu sekitar 11 orang. Kegiatan ini dilakukan selama 1 hari.
2.      Partisipasi dan kesungguhan peserta
Partisipasi dan kesungguhan peserta dapat dikatakan baik. Hal ini terlihat dari kesungguhan peserta dalam mengikuti demonstrasi maupun praktek. Hal ini didukung dengan kesempatan yang diberikan kepada peserta untuk praktek dan membawa pulang hasil tersebut.
3.      Hasil pelatihan keterampilan menghias toples dengan kain flannel
Berdasarkan hasil pengamatan selama pelaksanaan dan pemantauan yang telah dilaksanakan diperoleh hasil:
a.       Peserta pelatihan sangat antusias saat diberikan materi teori bahan, alat-alat yang digunakan untuk menghias toples dari kain flanel, hal ini terlihat dari terjadi diskusi antara tim KKN dengan peserta.
b.      Praktek yang dilakukan adalah menghias toples dengan kain flannel secara berkelompok. Para peserta secara berkelompok dan bekerjasama menghias toples sesuai dengan kreasi mereka masing-masing. Mereka membagi-bagi tugas dalam proses pembuatannya. Ada yang membuat pola, menggunting kain, dan menempelkan hiasan pada toples.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More