Senin, 07 Juli 2014

Posyandu


Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab desa. Adapun posyandu yang ada di Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya terdiri dari 10 Camar. Daftar Camar beserta alamatnya bisa dilihat dalam Tabel I di bawah ini:

Tabel I
NO
NAMA KELOMPOK POSYANDU
NAMA KETUA DAN ANGGOTA KELOMPOK
ALAMAT
1
Camar I
Imas Sarimanah
Kp. Cipalembuan 002/001


Imas Masriah



Sri Mulyani

2
Camar II
Iyam
Kp. Kadunenggang 001/002


Tita Nurhasanah



Ooy Rukoyah



Kokom Komariah

3
Camar III
Tuti
Kp. Eureunmoyan 002/003


Ani



Nuraini



Nurhayati



Ida Farida



Imas Fajri

4
Camar IV
Imas Iswandari
Kp. Sukabirus 001/001


Maftuhah



Tuti Alawiyah



Okoy Rukoyah



Rosita

5
Camar V
Ai Husnul Hotimah
Kp. Parakan Panjang 001/002


Titi



Aah Sholihah



Masukoh



Ai Nurhayati

6
Camar VI
Euis
Kp. Nanggeleng 002/003


Devi Aprianti



Risa Puspitasari

7
Camar VII
Hj. Ai Eros
Kp. Samende 001/001


Tati



Yoyoh



Mimih



Sobariah

8
Camar VIII
Idah Faridah
Kp. Sindangsono 002/002


Nuryani



Iis Rosita

9
Camar IX
Eti
Kp. Nyantong 003/002


Irna Marlina



Verawati



Linda



Nurismala

10
Camar X
Lala Hulaelah
Kp. Sindangsono 003/001


Rr. Rhesya Rostini Putri



Juju Juariah



Ny. Bandi


Kegiatan yang dilakukan di Posyandu Camar meliputi KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), KB, Imunisasi, gizi dan penanggulangan diare, pelayanan pada balita (imunisasi, timbang berat badan), pelayanan ibu hamil dan menyusui. Selain kegiatan tersebut, Ibu Bidan juga melayani masyarakat yang memiliki keluhan pada kesehatannya. Bidan yang bertugas untuk memberikan pelayanan di Desa Sukamanah yaitu Ibu Wildan sebagai bidan satu-satunya yang berada di Desa Sukamanah. 
Pelayanan minimal pada anak yaitu berupa penimbangan. Penimbangan dilakukan untuk memantau pertumbuhan anak. Selain itu harus diberikan perhatian khusus terhadap anak yang tidak melakukan penimbangan dan anak yang pertumbuhannya berada dibawah garis merah KMS. Disamping itu memantau atau melakukan pelayanan imunisasi dan tanda-tanda lumpuh layu.
Adapun manfaat dari Posyandu yaitu memberikan pelayanan kesehatan Ibu dan Anak, KB, imunisasi, gizi dan penanggulangan diare.
1.      Kesehatana Ibu dan Anak
Ibu : Pemeliharaan kesehatan Ibu di posyandu, pemeriksaan kehamilan dan nifas, pelayanan peningkatan gizi melalui pemberian vitamin dan pil penambah darah, imunisasi TT untuk Ibu hamil.
Pemberian vitamin A : Pemberian vitamin A dosis tinggi pada bulan Februari dan Agustus. Akibat dari kurangnya vitamin A adalah menurunnya daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
Penimbangan balita : Penimbangan balita dilakukan setiap bulan di posyandu. Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita.
KMS adalah kartu untuk mencatat dan memantau perkembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan pada KMS dapat diketahui status pertumbuhan anaknya.
2.      Keluarga Berencana (KB)
Pelayanan Keluarga Berencana berupa pelayanan kontrasepsi kondom, pil KB dan suntik KB.
3.      Imunisasi
Di posyandu balita akan mendapatkan imunisasi. Macam imunisasi yang diberikan di posyandu sebagai berikut :
a.       BCG untuk mencegah penyakit TBC
b.      DPI untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus
c.       Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan
d.      Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning)
4.      Peningkatan Gizi
Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, imunisasi, vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.
5.      Penanggulangan Diare
Penanggulangan diare di posyandu dilakukan dengan cara menyediakan oralit. Selain itu memberikan penyuluhan penanggulangan diare yang dilakukan oleh kader posyandu.



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More