Minggu, 13 Juli 2014

Penyuluhan Kewirausahaan Warga Sindangsono Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontang

   Menyadari akan banyaknya minat berwirausaha di kalangan pemuda pemudi dusun Sindangsono desa Sukamanah kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya, maka kebutuhan akan pengetahuan tentang kewirausahaan sangatlah penting, untuk itu KKN UPI 2014 mencetuskan ide untuk mengadakan penyuluhan kewirausahaan di dusun Sindangsono. Ide tidak sebatas ide, pada Minggu, tanggal 13 Juli 2014 diselenggarakanlah penyuluhan kewirausahaan dengan pemateri yang begitu luar biasa, salah satu lulusan terbaik UPI Kampus Tasikmalaya, Ilham Mauluddin.

“Dengan jiwa kewirausahaan kita bentuk masyarakat mandiri.” mengawali pembicaraan materi hari itu. Antusias peserta penyuluhan yang berjumlah 15 orang yang semuanya adalah laki – laki sangat terlihat jelas, dan diimbangi dengan semangat dari pemateri dalam menyampaikan isi materinya.
“Banyak strategi untuk memulai usaha, diantaranya yaitu 1) mulai dari yang disukai, 2) tidak harus sempurna, 3) punya visi, 4) fokus dibisnis dan buat sebuah system, 5) peluang tidak akan bisa dihitung, 6) pake intuisi, dan 7) kepepet.” Jelas Ilham Mauluddin disela – sela pembicaraannya saat menyampaikan materi kewirausahaan di Madrasah Al-Mujahiddin, Minggu (13/7/2014)

Banyak materi yang sangat bermanfaat untuk para peserta penyuluhan, didukung dengan penyampaian materinya begitu menarik. “Saya kira penyuluhan seperti ini akan membuat mengantuk dan membosankan, ternyata tidak. Mungkin jika teman – teman saya tahu kalau penyuluhannya seperti ini banyak teman saya yang juga ikut hadir disini.” Pengakuan dari salah seorang peserta penyuluhan kewirausahaan.

Memang benar adanya, karena materi yang disampaikan oleh pemateri tidak membosankan, banyak diselipkan humor – humor yang mendidik dan mengarah pada timbulnya motivasi kewirausahaan dikalangan pemuda dusun Sindangsono. Hal ini sejalan dengan tujuan akhir dari diselenggarakannya penyuluhan ini yakni menumbuhkan motivasi untuk berwirausaha pemuda Sindangsono.

Dalam acara ini terdapat sesi tanya jawab antara pemateri dengan peserta. “Bagaimana pemasaran dalam sebuah usaha?” Tanya Faisal salah seorang peserta penyuluhan. “Jika kita membuat produk harus berpikir pemasarannya terlebih dahulu dengan melihat segmen pasarnya, lalu membuat produk, dan buat link – link untuk memasarkan produk yang telah diproduksi. Sesi Tanya jawab berlanjut sampai waktu yang disediakan oleh panitia telah habis. Seolah tidak puas dengan waktu yang tersedia para peserta masih antusias untuk menanyakan apa – apa yang membuat mereka penasaran.

Acara penyuluhan kewirausahaan yang diawali pukul 13.00 WIB berjalan dengan lancar dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Semoga kedepannya akan ada kembali penyuluhan – penyuluhan seperti ini dengan sasaran pemuda pemudi, karena merekalah yang akan menjadi penentu masa depan dusun Sindangsono. Semoga setelah  mengikuti penyuluhan kewirausahaan pemuda pemudi dusun Sindangsono memiliki jiwa kewirausahaan yang menjadikan mereka mandiri.

1 komentar:

Ini beneran kampungku ya? Just wonder aja... kampungku bisa masuk blog, masuk internet gitu...

O iya, jangan-jangan ini memang Madrasah Mujahiddin-ku, madrasah diniyah awaliyah Muhammadiyyah, tempat dulu aku menimba ilmu agama. Seneng banget, bangga deh... Terharu, speechless #lebaydotcom
tapi gpp lah kali-kali aku jadi lebay gini. Hehe...

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More